Internet skill
Internet
Skill
Kita
sangatlah beruntung jika dapat menguasai Internet Skill ini, karena dengannya
dapat membantu kita untuk mencari informasi dengan mudah, cepat, gampang dan pastinya hasilnya pun sangat akurat. Kita
dapat mencari apapun dengan Internet Skill ini. Seperti contoh kita ingin
mencari tentang sejarah, ilmu pengetahuan atau apapun itu. Hanya dengan
memasukkan keyword (kata kunci) saja. Seperti contoh di bawah ini:
Misalnya kita ingin menemukan atau mencari
tentang ilmu tafsir, atau sesuai dengan jurusan yang kita inginkan, caranya
hanya membuka salah satu situs, seperti google, lalu mulai kita ketik alamat
yang ingin kita cari seperti contoh di atas. Atau juga ketika kita ingin
menemukan siapa saja sih para filsuf yang terkenal/ternama atau juga para
mufassir yang termasyhur. Dan pastinya dengan lebih akurat dan cepat tinggal
kita ketik “ ” seperti contoh di bawah ini;
Dan juga
kita bisa menemukan atau mencari info tentang
salah satu kampus atau institute yang kita ingin cari sesuai dengan
alamat dan keteranganyang lebih jelas, seperti contoh di bawah ini pula;
Bahkan kita
juga bisa untuk mencari tentang angka-angka baik penjumlahan, pengurangan,
perkalian, bahkan pembagian sekalipun, atau juga kita ingin melihat tentang
kurs dollar dan sebagainya. Semua bisa dilakukan seperti contoh di bawah ini;
Pokoknya
banyak kegunaan dan pastinya yang dapat memudahkan kita untuk bisa mengakses
lebih mudah, cepat dan singkat terhadap segala sesuatu yang kita inginkan.
PHOTOSHOP
Mengenal
Tool-tool di Photoshop 7.0
1. Marque Tool
(M)digunakan untuk membuat seleksi sesuai dengan bentuk yang tersedia, yaitu
kotak atau lingkaran.
2. Move Tool
(V)digunakan untuk memidahkan sebuah objek pada layer yang sedang aktif ke
tempat lain.
3. Lasso
Tool (L)digunakan untuk membuat seleksi
dengan bentuk yang tidak beraturan sesuai dengan yang kita inginkan.
4. Magic Wand
Tool (W)digunakan untuk melakukan pemilihan bagian dari suatu image dengan
berdasarkan kesamaan warna.
5. Pencil Tool
(B)digunakan untuk menggambar bentuk garisgaris dan bentuk-bentuk bebas.
6. Pen Tool
(P)digunakan untuk menggambar path-path garis lurus atau kurva secara tepat dan
untuk menggambar garis bebas (freehand).
7. Line Tool
(N)digunakan untuk membuat atau menggambar garis.
8. Zoom Tool
(Z)digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek.
9. Eraser Tool
(E)digunakan untuk menghapus bagian image tertentu pada suatu layar.
10. Hand Tool
(H)digunakan untuk menggeser objek pada jendela kerja.
11. Gradien Tool
(G) digunakan untuk memberi efek gradasi warna bagian image tertentu pada suatu
layar.
12. Type Tool
(T)digunakan untuk membuat objek berupa teks.
13. Clone Stamp
Tool (S) digunakan untuk membuat duplikat image atau memberi efek tertentu pada
image dengan cara menyalin dari bagian image tertentu untuk ditempatkan di
image lain.
14. Healing Brush
Tool (J)digunakan untuk memperbaiki latar belakang image, memperbaiki atau
memulas bagian image tertentu dengan cara menyalin dari bagian image lain,
membuat duplikat image dan lain-lain.
15. History Brush
Tool & Art History Brush Tool, digunakan untuk memberi efek buram pada
image dengan cara dipulas.
16. Crop Tool
(C)digunakan untuk memotong atau mengambil sebagian image yang akan dijadikan
image baru yang berdiri sendiri (Cropping).
17. Eyedropper
Tool (I)digunakan untuk memilih warna untuk ditempatkan sebagai warna
foreground.
18. Dodge Tool
(O)digunakan untuk memberi efek pewarnaan yang lebih terang (cerah) pada bagian
image, terutama bila ingin memberi efek cahaya yang jatuh pada bagian image
tertentu.
19.
Foreground dan Background Color,
digunakan untuk mengatur warna atas dan warna latar belakang.
Mengakhiri
Photoshop 7.0
Setelah Anda
selesai bekerja dengan Photoshop 7.0, Anda dapat mengakhirinya dengan cara
berikut ini:
1. Simpan seluruh
hasil pekerjaan Anda
2. Kemudian pilih
salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Photoshop 7.0: Pilih dan klik
menu File>Exit (Ctrl+Q). Klik tombol Close (X)yang berada di pojok kanan
atas jendela. Klik ganda Icon Kontrol Menu yang berada di pojok kiri atas dari
jendela Photoshop 7.0
3.
Tunggu sampai jendela Photoshop 7.0
ditutup.
MEMBUAT
BLOG
1.
Membuat
Email di Gmail.com Blogger.com sudah diakusisi oleh Google jadi
langkah pertama dalam membuat blogger. blog di blogspot ialah kita wajib
untuk memiliki akun GMAIL sebagai email yang digunakan untuk
daftar di blogger.com.
Daftar GMAIL gratis, buka www.accounts.google.com lalu klik dipojok kanan atas
Create An Account atau Buat Akun bottom yang berwarna merah.
Membuat akun di Gmail.com, Isi
data diakun gmail yang akan dibuat seperti nama, tempat tanggal
lahir, password dan lain‐lain. Biasanya dalam tanggal
lahir, password dan lain-lain. Biasanya dalam membuat email di
GMAIL, kita perlu verifikasi lewat nomor handphone jadi usahakan masukan
nomor handphone yang bisa dikirimin sms dari Google untuk verifikasi.
Setelah email di Gmail dibuat baru, kita bisa melanjutkan
ke-step 2 membuat blog.
2. Daftar di Blogger.com Setelah membuat email di GMAIL, sekarang
saatnya daftar di www Blogger.com, Setelah membuat email di
GMAIL sekarang saatnya daftar di www.Blogger.com. Buka
www.blogger.com lalu masukkan password anda di sandi email. Klik Buat
Blog/Create Blog. 1. Klik blog baru, 2. Isi judul
blog anda, 3. Isikan alamat/domain blog anda, 4. Pilih
themes/tema blog yang anda sukai, 5. Klik Buat Blog
3. Pilih Judul dan Alamat blog. Judul
digunakan sebagai penama blog misalnya, Sadra Blogger .Alamat Judul digunakan
sebagai penama blog misalnya, Sadra Blogger. Alamat merupakan
url alamat blog yang diinginkan, missal alamat
stfi.sadra.blogspot.com dalam memilih judul dan nama blog, jangan pilih
yang aneh atau susah dieja maupun menggunakan symbol yang aneh‐aneh. Pilih yang mudah diingat orang
lain dan tidak membingungkan.
Memilih Template Blog Ada berbagai template
bawaan dari blogger yang tersedia sobat, bisa memilih terserah sesuai dengan
yang disukai,lalu klik 'Buat Blog'
Dalam memilih template blog awal
pilih template 'AWESOME', karena lebih
terlihat simple tanpa banyak background gambar.
4. Blog Sudah Jadi, Selamat! Sampai disini blog sudah
berhasil dibuat, namun masih kosong. Setelah ini akan ada beberapa
hal yang perlu disetting sebelum melakukan posting.
Untuk melihat
blog yang baru dibuat bisa langsung mencoba dengan langsung
mengetikan alamat blog yang baru dibuat, dengan langsung mengetikan alamat
blog yang baru dibuat tadi dibrowser contoh: http://stfi.sadra.blogspot.com
POWER POINT
1. Mengaktifkan Microsoft PowerPoint 2007
Untuk memulai menjalankan PowerPoint 2007 paling
sering dilakukan dari Start > All
Program > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2007.
Maka aplikasi PowerPoint akan dijalankan. Berikut
antarmuka (interface) pada PowerPoint. Keterangan fitur-fitur sesuai nomor urut
ialah sebagai berikut:
1. Office Button kumpulan menu pengelolaan file
presentasi
2. Tab kumpulan menu penyusunan presentasi Tab Home
untuk menyunting tampilan isi slide presentasi Tab Insert untuk menyisipkan
objek pada slide presentasi Tab Design untuk mengatur rancangan dasar slide
presentasi Tab Animation untuk mengatur tampilan efek animasi slide presentasi
Tab Slide Show untuk mengatur jalannya presentasi Tab Review untuk memeriksa
isi slide presentasi Tab View untuk mengatur tampilan jendela kerja slide
presentasi
3. Grup Tab dalam tiap tab menu berisi tombol perintah
yang umum digunakan.
4. Slides tampilan slide-slide presentasi
5. Slide tampilan halaman pertama slide presentasi.
6. Title tempat penulis judul presentasi.
7. Subtitle tempat penulisan sub-judul dari judul
presentasi.
8. Slide Show menampilkan hanya slide yang terpilih.
9. Ribbon kumpulan menu toolbar.
3. Memasukkan Teks ke Slide
Dalam menyusun presentasi disarankan agar teks yang
dimasukkan ke dalam satu slide jangan terlalu banyak. Cara memasukkan teks ke
slide ialah seperti berikut ini:
Klik pada kotak yang disediakan di slide.
Maka tampilan pointer menjadi siap untuk memasukan
teks.
Kemudian ketik saja teks yang ingin dimasukkan,
melalui keyboard, missal ketiklah PILOT PROGRAM PENGUATAN EMIS DI ACEH.
Kotak tempat teks selanjutnya bisa diatur dengan
cara menggeser bagian ujung-ujungnya (sudut kiri/kanan/atas/bawah), sehingga
menghasilkan ukuran yang diinginkan. Kotak tersebut bahkan bisa diputar
dengan memutar ikon bundar berwarna hijau seperti berikut.
4. Memasukkan Gambar ke Slide
Komponen penting kedua setelah teks adalah gambar.
Bapak/Ibu bisa pula memasukkan gambar ke slide presentasi dengan cara berikut:
Klik tab Insert di ribbon. Klik command Picture di
kotak Illustrations.
Muncul window Insert Picture. Pilihlah gambar yang
ingin dimasukkan dari window ini. Kemudian memasukkannya dengan mengklik
Insert.
Maka gambar akan dimasukkan ke slide. Jika ukuran
gambar besar, gambar tersebut bisa memenuhi keseluruhan slide.
Gambar tersebut kemudian bisa diatur ukurannya sama
seperti ketika mengatur kotak yang menampung teks. Di samping itu bisa juga
digeser posisinya menggunakan cara klik pada garis gambar.
5. Memformat Teks dan Gambar
Teks dan gambar merupakan bagian yang sangat penting
bagi presentasi, Bapak/Ibu tidak hanya harus menampilkan teks dan gambar apa
adanya, Bapak/Ibu bisa mengaturnya sesuai selera dan sesuai dengan kebutuhan
presentasi. Cara mengatur teks adalah sebagai berikut: Seleksi pada teks yang
akan diformat. Saat teks terseleksi, muncul bayangan quicktoolbar yang bisa
digunakan untuk melakukan pemformatan pada teks seperti terlihat di gambar
berikut.
Arahkan kursor ke bayangan quicktoolbar tersebut.
Bayangan quicktoolbar akan muncul jelas seperti gambar dibawah.
Atau bisa juga dengan menggunakan kotak font yang
terdapat di tab Home pada ribbon.
A. Drawing Tool Memformat teks
menggunakan Drawing Tool adalah dengan memilih teks tersebut, kemudian dengan
mengklik tab Format yang muncul di ribbon. Di situ terdapat banyak tombol untuk
pengaturan teks, dari mulai memformat bentuk style hingga mengatur peletakan
teks. Tahapannya adalah sebagai berikut:
Klik pada kotak teks yang akan diformat
Klik tab Format yang muncul di ribbon. Klik
WordArt Styles, muncul banyak pilihan, pilih salah satu Styles
Maka teks akan menjadi seperti gambar dibawah.
B. Picture Tool
Memformat gambar menggunakan Picture Tool adalah dengan memilih gambar yang
telah dimasukan ke slide tersebut, kemudian dengan mengklik tab Format yang
muncul di ribbon. Di situ terdapat banyak tombol untuk pengaturan gambar, dari
mulai memformat bentuk style hingga mengatur ukuran gambar dan kualitas gambar.
Klik pada gambar yang akan diformat
Kemudian klik tab Format yang muncul di ribbon.
Klik Picture Styles, muncul banyak pilihan, pilih salah satu Styles
6. Membuat Slide Jumlah slide
standar PowerPoint hanya ada satu. Oleh karenanya, untuk slide lainnya harus
menambahkan secara manual. Cara menambahkan slide baru adalah sebagai berikut:
Klik ribbon New Slide seperti gambar berikut
ini.
Slide yang baru lantas muncul, dan terlihat pula di
bagian kanan seperti berikut ini.
7. Mengatur Desain
Salah satu elemen penting presentasi yang bagus,
termasuk presentasi untuk tugas Bapak/Ibu adalah dengan menggunakan desain yang
baik dan eye-catching (menyolok). Salah satunya menggunakan themes bawaan dari
PowerPoint seperti berikut ini: Klik tab Design dari ribbon di
PowerPoint.
Keterangan: Klik pada tanda panah Themes . Tanda panah
di tengah untuk mengulungkan layar themes sedangkan panah paling bawah untuk
ditampilkan semua theme yang ada. Bapak/Ibu bisa memilihnya dengan mengklik
salah satu theme Built-in yang ada. Arahkan kursor mouse ke salah satu themes
maka tampilan desain dari slide otomatis sesuai dengan desain yang
diimplementasikan.
Klik tombol mouse yang kanan (klak) muncul menu,
pilih Apply to Selected Slides. Maka tampilan desain dari slide pertama tidak
berubah. Tambahkan slide ke 2 Ketik judul “DASAR PEMIKIRAN” Kemudian ketiklah
isi slide sebagai berikut: Sekolah Perlu Memperoleh Kemapanan Dalam Mengelola
Data dan Informasi. Penguatan EMIS di Aceh Diharapkan Dapat Terlaksana
Seefisien dan Seefektif Mungkin dan Hasilnya Diharapkan Akan Berlanjut.
Memperkecil Kendala ICT Gap/Diversity.
Tambahkan slide ke 3 Ketik judul “RESOURCE ASSESSMENT” Kemudian ketiklah isi slide seperti berikut
ini: Sumberdaya Manusia (Brainware). Kesiapan Sarana Dan Prasarana
Pendukung. Dukungan Lembaga dan Operasional.
8. Mengatur Tampilan Efek Animasi
Disarankan dalam mengatur tampilan animasi presentasi
disesuaikan dengan tempat, kegunaan, peserta, dan fasilitas untuk mendukung
tampilan efek animasi .
8.1. Group Animation Group
Animation digunakan untuk memudahkan mengatur efek animasi objek di slide pada
saat presentasi dijalankankan.
1. Animated : Pengaturan efek animasi objek, efek
animasi telah tersedia. Klik pada kotak teks yang akan di buat animasi.
Klik tanda panah pada kotak Animated. Pilih salah satu efek animasinya.
2. Custom Animation : Mengatur efek animasi objek, efek
animasi lebih lanjut sesuai dengan keinginan Bapak/Ibu. Blok teks “Dukungan
Lembaga dan Operasional “ yang ada di slide ke tiga. Klik tombol Custom
Animation. Pilih tombol Add Effect – Motion Paths – Draw Custom Path -
Scribble.
8.2. Group Transition to This
Slide Group Transition to This Slide digunakan untuk memudahkan mengatur efek
animasi pada saat slide tampil dan perpindahan slide.
1. Transition Fasilitas efek transisi peralihan slide
2. Apply To All untuk menentukan efek yang Bapak/Ibu pilih dapat berlaku pada
ke seluruh slide. 3. Transition Speed untuk menentukan kecepatan efek animasi.
4. Transition Sound untuk memberikan efek suara pada animasi. 5. Mouse Klik
untuk mengatur slide beralih pada saat mous diklik. 6. Automatic ally After untuk
mengatur slide beralih secara otomatis setelah jangka waktu yang
diberikan.
Cara memasukkan animasi ke slide seperti berikut ini:
1. Klik pada slide pertama. 2. Pilih salah satu transition 3. Pilih salah satu
Transition Sound 4. Atur Transition Speed. 5. Pilih transisi berlaku pada saat
mouse di klik. Tugas : Atur efek animasi setiap slide berbeda-beda.
9. Layout Slide
Selain layout standar Bapak/Ibu dapat menambah layout
lain yang sesuai dengan kebutuhan Bapak/Ibu. Misal melakukan pengaturan judul dan teks sub
judul, daftar, gambar, tabel, AutoShapes, dan media clip.
Tambahkan slide Slide ke 4 Ketik judul “Brainware” Selanjutnya ketik isi slide sebagai berikut:
Pengetahuan Tentang Program DBE1 Penguasaan Teknologi Informasi Masukan gambar dan tambahkan animasi pada
objek gambar.
Cara menggantikan layout slide dari layout standar
seperti berikut ini: Klik pada slide ke empat. Pastikan kursor pada tab
menu Home, klik tanda panah pada Layout Pilih Picture with Caption.
Kilik icon Insert Picture from File yang ada di
tengah-tengah slide
Maka muncul window Insert Picture. Pilihlah gambar
yang ingin dimasukkan dari window ini. Kemudian gambar dimasukkan dengan
mengklik Insert. Maka tampilan slide ke empat sakan eperti gambar dibawah
ini.
10. Chart
Microsoft PowerPoint juga menyediakan fasilitas
grafik. Untuk membuat grafik dalam slide sangat mudah. Grafik bisa juga
diperoleh dari Microsoft Excel. Caranya, grafik pada Excel di copy kemudian di
paste-kan ke dalam slide PowerPoint.
Tambahkan slide Slide ke 7 Gantikan layout slide
menjadi Content with Caption
Ketik judul “PENGELOLAAN DATA LINGKUNGAN
SEKOLAH” Ketik isi slide dengan: “Saran
perbaikan langkah-langkah paling tepat dalam membantu pengelolaan data di
lingkungan Sekolah”. klik icon chart yang ada di tengah slide Maka muncul
form Insert Chart
Pilih salah bentuk grafik Pie – Pie 3-D Klik OK
Maka layar PowerPoint secara otomatis terbagi dua dengan layar Excel
Ganti nilai yang telah tersedia pada excel menjadi
: Responden Rekrut Tenaga Baru 60%
Beasiswa Belajar 37% Pelatihan ICT 92% Pendampingan ICT 81% Tidak Tahu 2%
Close Excel maka hasilnya ialah seperti gambar di
bawah ini.
11. SmartArt
SmartArt adalah suatu grafis penyajian visual tentang
gagasan dan informasi Bapak/Ibu. Bapak/Ibu dapat menciptakan SmartArt grafik
dengan memilih dari di antara banyak tata ruang berbeda-beda secara cepat,
mudah, dan efektif. Kebanyakan orang-orang menciptakan isi yang berisi hanya
teks. Namun dengan ilustrasi dan grafik pendengar lakan ebih memahami dan
mengingat informasi secara lebih baik daripada teks.
Tambahkan slide Slide ke 8 Gantikan layout slide
menjadi Title and Content
Ketik judul “MATERI PELATIHAN” klik icon SmartArt yang ada di dalam
slide
Klik daftar Process Klik Vertical Bending
Process
Klik OK
Klik tanda panah dikanan pada kotak SmartArt untuk
mengeluarkan daftar Type your text here Ketik daftar Materi Pelatihan pada
Type your text here
Setelah mengetik yang terakhir (SDS++) tekan Delete
untuk menghapus kotak teks yang berlebih. Klik tanda x untuk menutup layar
Type your text here. Klik Change Colors untuk mengatur warna SmartArt.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar